Reporter l Adnan Rizaldi
Kameramen l Zidan Albi

mTV Jateng l Pemalang
Kekosongan jabatan Bupati Pemalang setelah tertangkap KPK beserta lima orang pejabat pada Jumat malam (12/8/2022) tentu saja mengejutkan para pegawai dan aktifitas di lingkup Pemkab Pemalang. Agar pelayanan masyarakat tetap berjalan, Gubernur Jateng menunjuk Wakil Bupati Mansur Hidayat mengambil alih tugas Bupati sementara waktu.

Wabup Mansyur Hidayat mengambil alih tugas Bupati Pemalang, mengingat Bupati Mukti Agung Wibowo tengah dalam proses pemeriksaan oleh KPK. Mansur telah mengumpulkan dan berkoordinasi dengan para kepala OPD terkait dalam apel internal di lapangan Pendopo Bupati Pemalang, Selasa (16/8/2022).

Wabup Mansur juga meminta kalangan ASN agar tetap bekerja menjalankan tugas seperti biasanya, meski Kabupaten Pemalang saat ini dalam masa genting dan situasinya memanas paska OTT KPK.

Terkait kekosongan jabatan di lingkup Pemkab Pemalang karena banyak pejabat yang tertangkap KPK, tentu membuat birokrasi sedikit pincang. Mansur segera berkoordinasi dengan Inspektorat dan gubernur, terkait jalannya roda pemerintahan dan membangun Kabupaten Pemalang agar kondusif kembali.

Mansur pun secara tegas mengingatkan kepada para ASN maupun pejabat Pemkab Pemalang, agar tidak main main dalam permainan proyek dan tidak melakukan pungli. OTT KPK yang dilakukan di Pemalang, diharapkan menjadi pembelajaran berharga agar tidak terjadi lagi.(*)