mTV Jateng l Pekalongan
Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 400 tahun atau bertepatan dengan 4 Abad diperingati dengan meriah. Salah satunya dengan menggelar Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Pekalongan, Kamis (25/8/2022).

Dengan mengenakan pakaian adat Jawa Tengah, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq bersama Wakil Bupati Pekalongan Riswadi hadir dalam rapat paripurna istimewa ini. Agenda rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun, juga dihadiri para wakil DPRD, Forkopimda dan para tokoh agama di kabupaten setempat.

Kabupaten Pekalongan terus berusaha bangkit dari keterpurukan akibat hantaman Pandemi Covid-19 selama dua tahun. Kebangkitan dari keterpurukan tersebut, ditunjukkan dari beberapa indikator makro yang pulih kembali. Diantaranya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan sebesar 3,54 persen pada tahun 2021, yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni minus 1,89 persen.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pun meningkat pada tahun 2021 menjadi 70,11, yang sebelumnya 69,63 pada tahun 2020. Pemkab pekalongan juga terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan IPM. Indikator lainnya, yaitu tingkat gerakan terbuka di Kabupaten Pekalongan tahun 2021, turun sebesar 4,28 persen yang sebelumnya mencapai 6,97 persen pada tahun 2020.

Paparan tersebut disampaikan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, dalam Rapat Paripurna Istimewa dalam peringatan Hari Jadi ke-400 Kabupaten Pekalongan. Peringatan kali ini bertema “Pekalongan Setara Bangkit Maju Bersama”. Tema ini selaras dengan semangat kebangkitan dari keterpurukan ekonomi, yang sering digaungkan Pemkab Pekalongan.(*/ae)