mTV Jateng l Pemalang
Jumlah pegawai honorer di Kabupaten Pemalang setiap tahunnya bertambah. Kondisi ini akibat maraknya praktik pegawai honorer titipan dari oknum pejabat. Tragisnya lagi, pegawai honorer titipan setiap tahunnya bertambah banyak di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Untuk bisa bekerja menjadi pegawai honorer dilingkup Pemkab Pemalang, terkadang juga harus menggunakan uang sogokan hingga ratusan juta. Mirisnya lagi, APBD Kabupaten Pemalang saat ini banyak dihabiskan untuk memberikan upah kepada para tenaga honorer yang jumlahnya sangat mengejutkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pemalang, M. A. Puntadewa, mengakui jumlah pegawai non ASN titipan semakin banyak. Proses rekrutmennya pun tidak memperhatikan analisis beban kerja. Hal itu dikatakan Puntadewa kepada tim mTV Jateng ketika ditemui dikantornya, Rabu (5/10/2022).

Tidak adanya analisis beban kerja yang dilakukan, kata Puntadewa, adalah tindakan ngawur dan asal asalan. Keberadaan jumlah tenaga honorer yang saat ini resmi pengkajiannya, yakni berada di Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Sedangkan instansi lainnya penuh dengan nepotisme.(*)

Reporter l Rizaldi Adnan
Kameramen l Bayu