mTV Jateng l Pati
Pemerintah Desa (Pemdes) Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati kembali menggelar karnaval budaya, Minggu (9/10/2022). Kegiatan ini vakum selama empat tahun terakhir, dikarenakan pandemi Covid.

Pawai budaya tersebut untuk memperingati haul Mbah Brojoseti Singo Barong. Pawai diikuti peserta yang mencapai 24 kelompok dan ribuan warga setempat. Kegiatan ini dikatakan Ahmad Rifai selaku penanggung jawab kegiatan, sebagai wujud syukur warga desa setempat.

Sebanyak 24 peserta menampilkan grup marching band maupun tong-tek. Ribuan warga pun tampak tumpah ruah memenuhi jalan sepanjang Desa Dukuhseti. Bahkan jalan raya Tayu-Puncel itu pun, tak terhindar dari kemacetan karena meriahnya gelar budaya ini.

Acara haul Mbah Brojoseti Singo Barong dilaksanakan setiap tanggal 13 Maulid. Dalam cerita sejarah, Mbah Brojo pada awal abad ke-18 merupakan penyebar agama Islam di wilayah Pati Utara sekaligus pendiri Desa Dukuhseti. Beliau adalah murid dari KH. Ahmad Mutamakin Kajen, waliyullah yang masyur di Nusantara.(*)

Reporter l Edy Wiono