mTV Jateng | Kabupaten Pekalongan

Sejak awal menjabat, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mempunyai sejumlah program prioritas. Salah satunya menanggulangi ancaman bencana rob dan banjir di wilayah pesisir pantai utara (Pantura). Dengan menerapkan pemasangan yudhit dan memperbaiki drainase ancaman banjir dan rob tersebut, kini sudah berkurang hingga 90 persen.

Rencananya dengan plan memperbaiki aluran sungai juga, warga di pesisir Pantura sudah tidak perlu terlalu khawatir lagi. Terbukti kini ancaman banjir dan rob sudah tidak lagi menakutkan bagi warga yang bermukim langganan banjir dan rob. Yakni berada di wilayah Kecamatan Wonokerto, ditambah sejumlah desa di wilayah Kecamatan Siwalan.

Hal ini tidak lepas dari keseriusan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dalam menyiasati banjir rob dan banjir tahunan yang sering terjadi di area pesisir utara Kabupaten Pekalongan. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga menggelontorkan bantuan pembangunan kanal banjir dalam bentuk siatem drainase di beberapa titik di Kecamatan Wonokerto.

Program tersebut adalah bukti keseriusan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, dengan membangun tanggul penahan rob, normalisasi dan penataan alur sungai. Selain itu Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga melaksanakan pembangunan rumah pompa yang kesemuanya menggunakan APBD Kabupaten Pekalongan dengan anggaran puluhan Miliar Rupiah. ( /*ae)