mTV Jateng l Pati
Umat Budha di Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara mempunyai cara unik dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Kegiatan yang diikuti peserta dari lintas agama ini, dibuat dalam bentuk arisan gotong royong. Arisan dengan kepesertaan lintas agama ini, mampu menarik ribuan peserta dari berbagai daerah.

Kegiatan yang dipusatkan di Vihara Catur Dhamma Dhatu Desa Bleber, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, Sabtu 15 Oktober 2022 lalu, berlangsung sangat meriah. Peserta terlihat antusias saat menunggu hasil pengundian mendapat doorprize dari panitia kegiatan.

Sutriman selaku Ketua Pengurus Cabang Majelis Buddhayana Indonesia Kabupaten Pati menyebutkan, total yang mengikuti kegiatan arisan Sambungrasa Kalyana Mitta ini mencapai 8. 888 peserta. Tidak hanya diikuti umat Budha saja, dimana 500 diantaranya merupakan peserta dari agama lain yakni Islam dan Kristen.

Selain sebagai saran menjalin kerukunan umat beragama, kegiatan ini membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca pandemic. Kegiatan ini juga bergerak di bidang social, dengan menyambangi dan membantu warga yang sedang sakit.(*)
Reporter l Edy Wiono