mTV Jateng l Pati
Puluhan warung dan gazebo di kawasan wisata Waduk Gunungrowo, yang berada di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong Kabupaten Pati diterjang angin kencang. Diperkirakan ada sekitar 33 warung roboh dihantam angin kencang di Desa Sitiluhur, Jumat siang 4 November 2022 sekitar pukul 14.00 WIB.

Rata-rata bangunan warung yang semi permanen mengalami kerusakan parah. Selain itu, angin kencang juga menumbangkan pepohonan yang berada di pinggir Waduk Gunungrowo. Akibatnya, banyak pohon yang tumbang dan menimpa warung di sekitarnya.

Tidak hanya warung saja, namun sejumlah rumah warga juga atapnya hancur diterjang angin kencang. Pemilik warung dan warga dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, relawan dan TNI Polri, berjibaku membersihkan puing-puing warung dan pohon.

Kepala Desa Sitilihur, Suyuti mengatakan, pihak Pemerintah Desa Sitilihur kini sedang melakukan pembersihan puing-puing serta melakukan pendataan. Akibat kejadian tersebut, pemilik warung dan rumah di kawasan wisata waduk setempat, merugi hingga puluhan juta Rupiah.(*)

Reporter l Edy Wiono