mTV Jateng l Kudus
Memasuki musim tanam satu, Pemkab Kudus dapatkan tambahan alokasi pupuk bersubsidi dari Pemerintah Pusat. Meski demikian tambahan ratusan ton pupuk jenis Urea dan ribuan ton pupuk jenis NPK ini, masih kurang untuk mencukupi kebutuhan petani di Kudus.

Alokasi awal untuk pupuk Urea di Kudus sejumlah 9.875 ton. Sedangkan untuk pupuk npkk sejumlah 6.750 ton. Menjelang masa tanam 1 tambahan pupuk subsidi jenis Urea sejumlah 625 ton. Untuk pupuk NPK mendapatkan tambahan aloKasi 4.112 ton.

Kepala BIdang Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian Kudus, Dewi Masyitoh mengatakan, mengacu pada sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok ( e- RDKK ), tambahan pupuk bersubsidi tersebut belum mampu mencover kebutuhan petani di Kudus.

Dari data e- RDKK kebutuhan pupuk Urea di Kudus tercatat sejumlah 13.197 ton pertahunnya. Sedangkan untuk pupuk NPK kebutuhan pertahunnya sejumlah 19.604 ton pertahunnya. Tambahan alokasi Urea hanya memenuhi 76 persen dari kebutuhan petani. Selanjutnya untuk alokasi NPK hanya memenuhi kebutuhan petani sebesar 55, 4 persen.(*)

Reporter l Jamaah