mTV Jateng l Kota Pekalongan
Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan mendapatkan fasilitas dari Institut Teknologi Bandung (ITB), berupa CMD Build The Platfrom for Asset Management. Aplikasi canggih karya Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Geodesi Geomatika ITB ini, untuk memudahkan pemetaan wilayah di Kota Pekalongan.

Aplikasi CMD Build ini merupakan aplikasi yang dipresentasikan tim ITB dihadapan jajaran pejabat Pemkot Pekalongan. Sabtu 26 November 2022. Dalam presentasi yang bertempat di Ruang Buketan Setda Kota Pekalongan ini, dipaparkan tentang hasil pemetaan parsial di Kota Pekalongan.

Kemudian pemetaan ini, disajikan dalam sebuah sistem dan terhubung dengan server CMD yang bisa diakses semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Pekalongan.

Menurut Cayekti Widigdo, Kepala Bapeda Kota Pekalongan, aplikasi ini mencakup peta yang menyajikan batas wilayah, jumlah penduduk, bidang tanah, infrastruktur, kondisi wilayah dan lainnya. Harapannya, aplikasi ini bermanfaat untuk semua pihak yang bersangkutan dalam mengelola wilayah Kota Batik.(*)

Reporter l Sari Amalia
Editor l Arief Pramono