mTV Jateng l Pemalang
Keinginan warga Dusun Sumberharjo melepaskan diri menjadi calon desa baru, tampaknya sulit menemui hasil. Sebab dusun setempat yang masih tergabung dalam wilayah Desa Banjarmulya, terdapat banyak asset desa. Salah satunya Pabrik Gula Sumberharjo.

Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang pun perlu pertimbangan, untuk bias menyetujui wilayah otonomi baru atau desa baru. Artinya rencana pemekaran desa tidak serta merta disahkan Pemkab Pemalang, namun harus dikaji mendalam terkait persyaratan wilayah.

Wilayah Sumberharjo dikenal dengan nama pabrik gula di Kabupaten Pemalang. Bahkan dengan potensi sumber daya alam khususnya pertanian, menjadikan rencana pembentukan desa baru semakin ramai di telinga masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarmulya, Sunoto menjelaskan, permintaan masyarakat Sumberharjo untuk memisahkan diri dari 3 desa, yaitu Desa Banjarmulya, Desa Tambakrejo dan Desa Wanamulya bakal sulit untuk melepaskan diri.

Alasannya, kata Sunoto, yang menjadi permasalahan adalah pembagian tanah bengkob. Sebab untuk membuat desa baru, tentunya bakal tak mendapatkan titik temu.(*)

Reporter l Rizaldi Adnan
Editor l Arief Pramono