mTV Jateng | Pati
Banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Pati kini terus meluas. Sudah tujuh kecamatan yang terendam banjir. Yakni Tambakromo, Gabus, Kayen, Batangan, Winong, Pucakwangi dan Jakenan.

Selain merendam permukiman warga, banjir menggenangi jalur alternatif Kabupaten Pati- dan Kabupaten Grobogan setinggi 50 sentimeter sampai 1 meter, hingga Kamis 1 Desember 2022. Hanya kendaraan besar yang bisa melewati jalur tersebut. Sementara jalur menuju Kecamatan Gabus ditutup, karena sudah tidak bisa dilewati kendaraan.

Banjir dipicu meluapnya sungai di wilayah Kecamatan Kayen, karena tidak mampu menahan debit air dari Pegunungan Kendeng. Selain itu, gundulnya Pegunungan Kendeng, serta maraknya penambangan galian C liar membuat banjir tahunan ini sangat parah.

Banjir terparah di desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo. Jumlah KK terdampak 632 kepala keluarga dengan 2.528 jiwa. Kerusakan material 1 rumah roboh, 625 rusak, kendaraan roda empat dan dua 269 unit. Saat ini pemerintah dan polisi sedang mendirikan dapur umum di lokasi terparah.

Reporter | Edy Wiono