logo

DISDIKBUD BOYOLALI GELAR PAMERAN PUSAKA SEBAGAI EDUKASI PELAJAR

Thoriq | Dirilis: Jumat, 19 Januari 2024

Boyolali | Jawa Tengah

Inilah pameran pusaka serta jimat yang digelar di Museum Hamong Wardoyo Kabupaten Boyolali yang bertujuan untuk mengedukasi kepada para siswa serta mengenalkan mereka terkait sejarah. Pusaka yang dipamerkan ini peninggalan dari jaman Kerajaan Mataram, Majapahit, Segaluh serta dari Madiun, dan sampai saat ini pusaka dan jimat masih banyak yang utuh.

Kepala Disdikbud Boyolali, Supana, mengatakan kegiatan ini untuk mengenalkan, memberikan edukasi kepada para siswa dan pusaka ini milik dari Kabupaten Boyolali berjumlah 104 pusaka. Menurutnya, jimat dan pusaka sebagai warisan para leluhur ini harus terus uri-uri bersama, dan dikenalkan terhadap para pelajar sehingga mereka mengetahui sejarah dan makna sebuah pusaka.

Supana mengatakan, bahwa pusaka dan jimat ini awalnya sempat digunakan oleh para nenek moyang untuk melawan para penjajah dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Pihaknya berharap, dengan digelarnya pameran ini anak-anak dapat teredukasi dan dapat memahami sejarah pusaka, jimat dan keris tersebut. Sehingga pameran ini dapat menyingkronisasi antara jaman sejarah dengan era digital saat ini.

Logo

© mTV jateng 2020. Semua hak dilindungi undang-undang.